Kamis, 29 November 2018


SEGMENTASI, TARGETING, dan POSITIONING
PADA NESTLE DANCOW

Oleh: Althia Nalany Diva F
( 20218599)
1EB01
Universitas Gunadarma

SEGMENTASI PASAR

           Nestle adalah produsen makanan terkemuka di dunia yang memasok lebih dari 10 juta produk makanan ke pasaran setiap tahunnya. “Good Food, Good Life ” adalah slogan Nestle yang menggambarkan bahwa Nestle berkomitmen menghasilkan makanan sehat, berkualitas, bergizi, bernutrisi tinggi, aman dikonsumsi demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik. PT.Nestle adalah perusahaan yang berkantor pusat di kota Vevey, Swis. Nama Nestle ini terinspirasi dari nama penggagasnya yakni Henri Nestle, seorang ahli Farmasi. Di Indonesia, PT. Nestle Indonesia didirikan pada tahun 1971. Salah satu produknya yang sangat laris adalah susu Dancow. Produk-Produk Dancow antara lain : Dancow Nutrigold, Dancow Actigo, dan Dancow Batita.

1.        Segmentasi pasar pada susu Dancow adalah :   

ØSegmentasi Geografis : Di Indonesia, Produk Dancow menyebar merata hampir di seluruh wilayah.  
Ø  Segmentasi Demografis :   
Usia :
Dancow 1+ untuk anak usia 1 tahun ke atas
Dancow 3+ untuk anak yang memasuki usia pra-sekolah
Dancow 5+ untuk anak usia 5 tahun ke atas.
Bahkan ada pula yang diperuntukkan pada seluruh anggota keluarga.
Kelas Sosial :
Ditujukkan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah hingga menengah ke atas.  
Ø  Segmentasi Psikografis :
Dancow ditujukan untuk gaya hidup sehat bagi konsumen. Dengan asupan Nutrisi dan Gizi tinggi.
Ø  Segmentasi Perilaku :
Dancow diposisikan sebagai susu yang kaya akan manfaat bagi seluruh konsumen secara khusus bagi anak-anak dalam usia pertumbuhan. Gizi dan Nutrisi tinggi yang terkandung di dalamnya sangat berguna bagi perkembangan otak dan fisik anak.

2.        Targeting pada susu Dancow :
Seluruh  masyarakat yang membutuhkan asupan Gizi dan Nutrisi bagi anggota keluarganya terutama buah hatinya. Sasaran pendistribusiannya banyak dilakukan di pasar tradisonal. Strategi targeting pada susu Dancow adalah memberikan produk ke pasar sesuai consumer insight, melakukan roadshow ke posyandu dan kegiatan sampling agar calon kosumen dapat mencoba produk yang ditawarkan.

3.        Positioning pada susu Dancow :
Ø  “ Aku dan Kau Suka Dancow “ adalah slogan yang lekat dalam benak konsumen sekaligus cara jitu Dancow memposisikan diri sebagai sahabat setia bagi keluarga-keluarga Indonesia dengan harga yang merakyat.
Ø  Dancow adalah susu bubuk berkualitas dan bergizi yang mengandung growth plus formula serta diperkaya dengan Vitamin.
Ø  Susu dancow adalah susu kesehatan bagi keluarga secara khusus untuk anak-anak.
Ø  Susu Dancow memposisikan diri sebagai market leader.
Susu dancow mampu memahami kebutuhan konsumen dan selalu berinovasi. Sebagai contoh dalam varian rasa (Dancow Strawberry, Dancow Fruity, Dancow Coklat, Dancow Fullcream, dll). 


SUMBER: http://c-mind.blogspot.com/2013/09/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar